Legenda Adam Smith Bapak Ekonomi Modern

Adam Smith

Legenda Adam Smith, lahir pada 5 Juni 1723 di Kirkcaldy, Skotlandia, adalah seorang filsuf dan ekonom yang paling dikenal sebagai penulis buku “The Wealth of Nations.” Karyanya dianggap sebagai landasan bagi ilmu ekonomi modern dan telah memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan teori ekonomi dan kebijakan ekonomi di seluruh dunia.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Adam Smith lahir sebagai anak tunggal dari pasangan Adam Smith Sr. dan Margaret Douglas. Ayahnya meninggal beberapa bulan sebelum ia lahir. Smith menunjukkan kecerdasan luar biasa sejak usia dini dan dididik di Sekolah Menengah Kirkcaldy sebelum melanjutkan studinya di Universitas Glasgow pada usia 14 tahun. Di sana, ia belajar filsafat moral di bawah bimbingan Francis Hutcheson, yang memiliki pengaruh besar terhadap pemikirannya.

Pada tahun 1740, Smith menerima beasiswa untuk melanjutkan studinya di Balliol College, Oxford. Meskipun ia menganggap masa studinya di Oxford kurang memuaskan dibandingkan dengan pengalaman di Glasgow, masa ini tetap penting bagi perkembangan intelektualnya.

Karier Akademik dan Karya Awal

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Smith kembali ke Skotlandia dan mulai memberikan ceramah di Universitas Edinburgh. Pada tahun 1751, ia diangkat sebagai Profesor Logika di Universitas Glasgow, dan setahun kemudian menjadi Profesor Filsafat Moral. Di Glasgow, Smith mengajar berbagai mata pelajaran, termasuk etika, retorika, yurisprudensi, dan ekonomi politik.

Pada tahun 1759, Smith menerbitkan buku pertamanya, “The Theory of Moral Sentiments,” yang membahas psikologi moral manusia dan konsep “simpatinya.” Buku ini mendapat pengakuan luas dan membantu memperkuat reputasinya sebagai filsuf terkemuka.

The Wealth of Nations

Pada tahun 1764, Smith meninggalkan posisinya di Glasgow untuk menjadi tutor bagi Duke of Buccleuch. Selama tur panjang ke Eropa, ia bertemu dengan banyak pemikir terkemuka, termasuk Voltaire dan Fran├žois Quesnay. Pengalaman ini memperluas pandangannya tentang ekonomi dan politik.

Pada tahun 1776, Smith menerbitkan karya monumentalnya, “An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations” (sering disingkat sebagai “The Wealth of Nations”). Buku ini adalah analisis mendalam tentang ekonomi pasar bebas dan prinsip-prinsip yang mendasari penciptaan kekayaan. Beberapa konsep utama dalam buku ini meliputi:

  1. Teori Nilai

Smith membahas konsep nilai dan harga, serta peran kerja dalam menentukan nilai suatu barang.

  1. Pembagian Kerja

Ia menyoroti pentingnya spesialisasi dan pembagian kerja dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi ekonomi.

  1. Pasar Bebas

Smith mengemukakan bahwa pasar bebas yang diatur oleh “tangan tak terlihat” akan menghasilkan alokasi sumber daya yang paling efisien dan meningkatkan kesejahteraan umum.

  1. Peran Pemerintah

Meskipun Smith mendukung pasar bebas, ia juga mengakui peran penting pemerintah dalam menyediakan barang publik, menegakkan hukum, dan melindungi hak milik.

Pengaruh dan Warisan

“The Wealth of Nations” dianggap sebagai salah satu karya paling penting dalam sejarah ekonomi dan telah membentuk dasar bagi banyak teori ekonomi modern. Konsep-konsep Smith tentang pasar bebas, pembagian kerja, dan keuntungan komparatif tetap menjadi pilar utama dalam pemikiran ekonomi saat ini.

Setelah penerbitan “The Wealth of Nations,” Smith menghabiskan sisa hidupnya di Edinburgh, di mana ia bekerja sebagai Komisaris Bea dan Cukai untuk Skotlandia. Ia meninggal pada 17 Juli 1790, dan dimakamkan di Greyfriars Kirkyard, Edinburgh.

Adam Smith adalah seorang pemikir visioner yang karyanya telah meninggalkan warisan abadi dalam ilmu ekonomi dan filsafat moral.